Tuesday, January 8, 2013

Film Wajib Tonton Tahun 2013

Film Wajib Tonton Tahun 2013

Film-film pilihan Muvila berikut yang tayang pada tahun ini masuk kategori wajib tonton. Ini alasan-alasannya.

2012 sudah berlalu dengan berbagai film blockbuster sukses. Sebut saja James Bond, penutup trilogi The Dark Knight, bagian kedua dari seri terakhir The Twilight Saga, prekuel The Lord of the Rings, sampai proyek idaman para geek di dunia, The Avengers. Dari sinema Indonesia, ada Habibie & Ainun dan 5 cm yang begitu cepat meraih jumlah penonton yang besar. Ada pula sederet film Indonesia yang menuai sukses dan menjadi perhatian banyak penonton di festival film internasional.
Meski demikian, semarak dunia perfilman pada tahun 2013 ini tidak akan kalah heboh. Berikut film-film high profile yang akan dirilis pada tahun ini dan tak bisa dilewatkan begitu saja.

GANGSTER SQUAD
Jadwal rilis film ini sempat tertunda akibat insiden penembakan di Aurora yang dipicu oleh film The Dark Knight Rises. Gangster Squad mengisahkan usaha LAPD untuk menjaga Los Angeles dari sentuhan para mafia pada tahun era 1940-an s.d 1950-an. Disutradarai oleh Ruben Fleischer, yang film debutnya, Zombieland, mendapat sambutan hangat dari kritikus.

GENDING SRIWIJAYA
Kisah Gending Sriwijaya berlatar di abad 16. Tentang pengkhianatan yang dilakukan oleh putra mahkota Kedatuan Bukit Jerai terhadap ayahnya. Adiknya, yang menjadi tertuduh, lalu terbuang dan kemudian menuntut balas dendam. Film ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini didukung oleh aktor-aktris tenar, seperti Slamet Rahardjo Djarot, Jajang C. Noer, Syahrul Gunawan, Agus Kuncoro, Julia Perez, dan Mathias Muchus.

WARM BODIES
Setelah vampir yang jatuh cinta dengan manusia, kini giliran kisah cinta antara zombie dengan manusia. Alkisah Warm Bodies, para zombie bisa ‘sembuh’ karena jatuh cinta dengan manusia. Digarap oleh Jonathan Levine, sutradara film drama komedi 50/50 yang sukses itu, membuat Summit Entertainment begitu berharap agar film ini dapat mengekor kesuksesan Twilight Saga.

BEAUTIFUL CREATURES
Film fantasi-supernatural unggulan Warner Bros. ini diharapkan dapat menjadi pengganti franchise Harry Potter. Diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Kami Garcia, kisah film yang disutradarai oleh Richard LaGravenese ini tentang Ethan yang bertemu dengan Lena, seorang penyihir misterius yang menyimpan rahasia besar keluarganya.

A GOOD DAY TO DIE HARD
Jilid ke-5 Die Hard ini kembali dibintangi oleh Bruce Willis. Ia kini beraksi di Moscow bersama putranya, Jack McClane (Jai Courtney), yang ternyata adalah seorang agen CIA. Berkat film arahan John Moore ini bisa jadi hari Valentine tahun 2013 akan berbeda dari biasanya.

STOKER
Park Chan-wook, sutradara film Oldboy asal Korea Selatan yang dipuji-puji itu, melakukan debut film berbahasa Inggrisnya di film ini. Stoker bercerita tentang keluarga Stoker yang baru saja kehilangan sosok kepala keluarganya akibat kecelakaan. Suatu ketika, seorang saudara dekat keluarga itu tiba-tiba muncul. Stoker dibintangi oleh Mia Wasikowska, Nicole Kidman, dan Matthew Goode.

OZ: THE GREAT AND POWERFUL
Demi mengekor kesuksesan Alice in Wonderland, Disney menghadirkan kisah prekuel The Wizard of Oz yang berfokus pada petualangan pesulap (James Franco) yang tidak sengaja terbawa tornado hingga terdampar di Oz. Disney menunjuk Sam Raimi untuk mengomandani proyek ini dengan kucuran budget $200 juta.

G.I. JOE: RETALIATION
Paramount telah melakukan tindakan tak terduga tahun lalu dengan mengundur perilisan G.I. Joe 2 untuk dikonversi dulu ke dalam format 3D, dan juga syuting ulang beberapa adegan. Kisahnya ini akan melanjutkan ending G.I Joe, di mana pentolan Cobra menyusup ke dalam sistem politik Amerika dan melakukan aksi terorisme di seluruh dunia. John M. Chu sebagai sutradaranya.

9 SUMMER 10 AUTUMNS
Diadaptasi dari novel laris tahun 2011 berjudul sama karya Iwan Setyawan, kisah film yang digarap oleh sutradara Ifa Isfansyah ini bertutur soal kehidupan seorang anak sopir angkot di kota Batu, Jawa Timur yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Namun pada akhirnya, ia berhasil menjadi direktur di perusahaan multinasional di New York, Amerika Serikat.

THE HOST
Film adaptasi dari novel karya Stephenie Meyer (Twilight) ini berkisah ketika alien berupa parasit telah menguasai dunia. Melanie Stryder (Saoirse Ronan) yang juga terinfeksi parasit ini ternyata sanggup mengendalikan tubuhnya dan berjuang untuk membebaskan manusia dari invasi alien. Pemilihan sutradara Andrew Niccol yang memang piawai dalam membuat film sci-fi, The Host jadi tampak menjanjikan.

EVIL DEAD
Proyek remake Evil Dead, salah satu franchise horor paling popular, ini akhirnya menjadi kenyataan. Sam Raimi dan Bruce Campbell yang duduk di kursi produser sudah dapat dijadikan jaminan mutu bahwa film arahan Fede Alvarez ini tidak akan mengecewakan para fans berat Evil Dead.

TO THE WONDER
Film karya Terrence Malick ini dibintangi oleh Ben Affleck, Rachel Mc.Adams, Javier Bardem, dan Olga Kurylenko.  Kisahnya mengenai cinta segitiga antara Neil, Jane dan Marina. Sama seperti karya-karya Malick sebelumnya, To The Wonder lebih menekankan dalam hal karakter dan puisi visual yang indah daripada alur cerita.

OBLIVION
Universal lagi-lagi mencuri start musim panas lewat film petualangan sci-fi yang diadaptasi dari komik karya Joseph Kosinski (Tron Legacy) yang sekaligus jadi sutradara Oblivion. Ceritanya mengenai seorang repairman yang ditugaskan ke bumi yang sudah hancur akibat peperangan antara manusia melawan alien Scavs. Film berbujet 140 juta dolar AS ini dibintangi oleh Tom Cruise, Morgan Freeman, dan Olga Kurylenko.

PAIN & GAIN
Proyek idaman Michael Bay ini akhirnya dikabulkan oleh Paramount. Kisahnya mengenai sepak terjang dua orang body builder, Daniel Lugo (Mark Wahlberg) dan Paul Doyle (Dwayne Johnson) yang terlibat dalam kasus perampokan dan penculikan. Film ini awalnya akan menjadi film drama-komedi pertama Michael Bay. Namun dalam proses pembuatannya, film ini justru banting setir jadi film action-comedy dengan adegan muntahan peluru, slow-motion, dan ledakan. Khas Michael Bay.

IRON MAN 3
Inilah awal dari fase 2 Marvel Cinematic Universe. Tentang usaha Tony Stark (Robert Downey Jr.) melawan musuh terbesarnya, The Mandarin (Ben Kingsley), yang telah menghancurkan segala yang dimiliki Tony. Sutradara Shane Black bilang bahwa Iron Man 3 adalah film Marvel yang paling kelam dan kompleks.

THE GREAT GATSBY
Film karya Baz Luhrmann ini mengalami kemunduran jadwal rilis karena para petinggi Warner Bros merasa bahwa The Great Gatsby lebih cocok sebagai film summer movie. Keputusan ini terealisasi setelah mereka melakukan screening. Semoga ini adalah pertanda baik bagi film adaptasi novel klasik karya F. Scott Fitzgerald berbudget $127 juta ini.

STAR TREK: INTO DARKNESS
Ketika trailer dan footage 9 menitnya dipresentasikan, sekuel Star Trek ini mendapat sambutan meriah dari para trekkies dan pecinta film. Detail plotnya sendiri masih dirahasiakan. Namun yang pasti, seluruh pemeran utama Star Trek akan kembali di sekuelnya dengan tambahan aktor Benedict Cumberbatch yang akan berperan sebagai tokoh antagonis. Jangan khawatir, J.J. Abrams masih duduk di kursi sutradara.

THE FAST & THE FURIOUS 6
Plot film arahan sutradara Justin Lin ini masih belum diketahui. Namun yang pasti, film franchise sukses ini akan menghadirkan kembali kekasih Dom, Letty (Michelle Rodriguez), yang dipercaya telah meninggal di film sebelumnya. Dan, yang patut ditunggu pula adalah akting Joe Taslim di film ini.

AFTER EARTH
M. Night Shyamalan kembali duduk di kursi sutradara setelah hiatus selama tiga tahun sejak The Last Airbender. After Earth menampilkan kembali duet ayah-anak Will Smith dan Jaden Smith. Mereka kali ini terdampar di planet bumi yang sudah tidak dihuni manusia selama 1000 tahun. Semoga film ini dapat memperbaiki nama M. Night Shyamalan di mata penikmat film.

MAN OF STEEL
Film reboot Superman hasil duet maut sutradara Zack Snyder dan produser Christopher Nolan ini merupakan film superhero yang paling dinantikan oleh pecinta film di dunia. Inilah tahap awal proyek raksasa Justice League yang akan bersaing dengan The Avengers 2 pada tahun 2015. Dengan tone yang kelam-realistis ala Nolan dan tampilan visual cantik ala Snyder, Man of Steel tentu tidak boleh dilewatkan.

WORLD WAR Z
Film karya Marc Foster ini bertukar jadwal dengan Jack Reacher di Desember tahun lalu karena beberapa alasan. Salah satunya adalah syuting ulang beberapa adegan yang dinilai kurang memuaskan. Dilihat dari trailer yang sudah dirilis, World War Z yang dibintangi oleh Brad Pitt ini dapat dikatakan sebagai film zombie dengan skala paling epik yang pernah dibuat.

MONSTER UNIVERSITY
Sebagai prekuel film pertama yang dibuat oleh Pixar, Monster University mengisahkan Mike dan Sulley ketika mereka masih kuliah. Disutradarai oleh Dan Scanlon, proyek prekuel ini diharapkan masih menyimpan banyak kejutan untuk para fansnya.

KICK-ASS 2
Kepopuleran film ini yang terus meningkat mendorong Universal untuk memproduksi sekuelnya yang akan dirilis pada Juni nanti. Kisah film arahan Jeff Wadlow ini tentang Red Mist (Christopher Mintz-Plasse) yang membalas dendam atas kematian ayahnya. Comedian papan atas Hollywood, Jim Carey, bergabung dalam deretan superhero di sini.

THE LONE RANGER
Kolaborasi Disney dengan Johnny Depp pasca kesuksesan Pirates of the Caribbean dan Alice in Wonderland terus berlanjut. Kini Depp jadi Tonto yang akan mendampingi Armie Hammer dalam film remake ini. The Lone Ranger juga mengembalikan the winning team, yakni sutradara Gore Verbinski, duo penulis Pirates of the Caribbean, Ted Elliot dan Terry Rossio, serta produser Jerry Bruckheimer.
 
PACIFIC RIM
Film karya Guillermo Del Toro ini bercerita tentang usaha manusia melawan Kaiju, sosok monster raksasa, dengan menggunakan pasukan robot raksasa Jaegers. Meski konsep film ini mirip dengan Transformers dan Godzilla, Guillermo Del Toro membuat Pacific Rim sebagai sesuatu yang baru dan orisinil. Tom Cruise awalnya dipertimbangkan untuk memerankan salah satu karakter kunci film ini sebelum digantikan oleh Idris Elba.

TURBO
Turbo berkisah mengenai seekor siput bernama Theo yang baru saja mengalami kecelakaan yang membuat dirinya bisa “berlari” sangat cepat. Ia lalu mengikuti kejuaraan balapan tingkat nasional. Ryan Reynolds, Paul Giamatti, Michael Pena, Michelle Rodiguez, Richard Jenkins, Ken Jeong, Snoop Dogg, dan Samuel L. Jackson ikut memberikan suaranya untuk film ini.

THE WOLVERINE 3D
Sineas kaliber Oscar, Darren Aronofsky (Black Swan) sempat ditunjuk untuk mengomandani film ini, sebelum ia mengundurkan diri dan digantikan oleh James Mangold (Knight and Day dan 3:10 to Yuma). Film superhero dengan bintang Hugh Jackman yang dirilis dalam format 3D ini diharapkan dapat menjadi franchise yang berdiri sendiri—dengan menghapus judul X-Men Origins.

ELYSIUM
Elysium belatar tahun 2159, ketika kelas manusia dibedakan menjadi dua: orang-orang kaya tinggal di stasiun luar angkasa Elysium sedangkan sisanya tinggal di planet bumi yang sudah tak layak huni. Matt Damon sebagai Max yang berjuang untuk menghancurkan jurang pemisah antara si kaya dan miskin. Film sci-fi ini merupakan karya terbaru Neill Blomkamp setelah film debutnya, District 9, sukses luar biasa di tahun 2009.
 
 RIDDICK
Vin Diesel kembali menjadi Riddick di film sekuel Pitch Black (2000) dan The Chronicles of Riddick (2004) ini. Bertutur tentang balas dendam Riddick yang telah dibuang di planet terpencil dan berbahaya oleh kaumnya sendiri. Dengan kucuran 38 juta dolar AS saja (sepertiga dari total bujet film keduanya yang flop), David Twohy kembali menyutradarai jilid ketiga Riddick ini.

SIN CITY 2 : A DAME TO KILL FOR (3D)
Setelah delapan tahun pengembangan, sekuel film Sin City (2005) akhirnya resmi diproduksi pada tahun 2012 lalu dengan seluruh cast aslinya. Robert Rodiguez kembali duduk di kursi sutradara bersama pengarang komiknya sendiri, Frank Miller. Sin City 2 difilmkan dengan kamera 3D.

OLDBOY
Remake film Korea ini disutradarai oleh pemegang dua nominasi Oscar, Spike Lee, yang berjanji tidak hanya mengadaptasi film aslinya secara mentah-mentah. Tapi, juga mengambil beberapa elemen dari komik aslinya. Film ini dibintangi oleh Josh Brolin, Elizabeth Olsen, Sharlto Copley dan Samuel L. Jackson. Apakah film remake ini dapat menjadi Departed selanjutnya?

THE SEVENTH SON
Film fantasi tentang Thomas Ward (Ben Barnes) yang dilatih oleh John Gregory (Jeff Bridges), seorang Spook tua yang tengah mencari penggantinya untuk menjaga kota dari serangan penyihir dan makhluk gaib lainnya. Lagi-lagi sebuah usaha dari Warner Bros untuk menggantikan franchise Harry Potter.

THOR 2: THE DARK WORLD
Film superhero Marvel ini sangat menjanjikan karena digarap oleh Alan Taylor, sineas yang sukses mengadaptasi novel Game of Thrones menjadi serial TV yang luar biasa. Thor (Chris Hemsworth) akan melawan Malekith (Christopher Eccleston), pemimpin suku Dark Elves yang ternyata punya hubungan misterius dengan Loki.

THE HUNGER GAMES: CATCHING  FIRE
Meski Gary Ross tidak lagi duduk di kursi sutradara dan digantikan oleh Francis Lawrence, Catching Fire tetap dinanti-nantikan para fansnya. Apalagi, mengingat kesuksesan The Hunger Games, baik secara kualitas maupun pendapatan box office-nya yang memecahkan rekor di Amerika. Jennifer Lawrence masih berperan jadi tokoh utamanya.

THE HOBBIT: THE DESOLATION OF SMAUG
Jilid kedua dari film The Hobbit ini akan melanjutkan petualangan Bilbo Baggins melawan Smaug, naga yang telah menguasai harta kerajaan para dwarfs. Di sisi lain, cincin misterius yang Bilbo temukan ternyata membawanya ke petualangan yang jauh lebih berbahaya. Semoga Peter Jackson masih menyimpan banyak kejutan di The Hobbit 2 ini dan sanggup melampaui kualitas film pertamanya.

ANCHORMAN 2: THE LEGEND CONTINUE
Film karya Adam McKay ini kembali melanjutkan kisah penyiar berita nyentrik Ron Burgundy (Will Ferrell) dan kawan-kawan. Bersiaplah untuk berhadapan dengan rentetan bintang komedi papan atas Hollywood yang bergabung di sekuel film komedi sukses Anchorman : The Legend of Ron Burgundy (2004) ini.

YANG TIDAK DIBICARAKAN KETIKA MEMBICARAKAN CINTA
Kisah film ini berpusar pada para tokohnya yang merupakan penyandang disabilitas. Antara lain, Fitri yang tuna netra lalu bertemu dengan Edo yang tidak bisa bicara. Film arahan Mouly Surya ini dibintangi oleh Nicholas Saputra, Ayushita Nugroho, dan Jajang C. Noer. Inilah film pertama Indonesia yang bakal bersaing di kompetisi Festival Film Sundance 2013.

KILLERS
Killers diproduksi secara keroyokan oleh Guerilla Merah Films, Damn! Inc, Merantau Film, Million Pictures, dan Nikkatsu & Image Lab Corp dari Jepang. Kisahnya tentang dua orang pembunuh dari Jepang dan Indonesia. Disutradarai oleh The Mo Brothers dan dibintangi oleh Oka Antara, Luna Maya, Tara Basro, Ray Sahetapy, Kazuki Kitamaru dan Rin Takanashi.

 source

1 comment:

  1. Menurut saya FILM di tahun 2013 bagus untuk di tonton, terutama FILM di indonesia yang menceritakan kehidupan seseorang,dan dapat di ambil nilai-nilai kehidupannya,begitu juga FILM di luar negri .



    Aprillia N.S DAN Neng Rika
    IX F

    ReplyDelete