ELEMEN DASAR C++
A. Identifier (Pengenal)
Pengenal adalah suatu nama
yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe
data, dan fungsi.
Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam
pascal, antara lain:
-
Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf
-
Tidak boleh ada spasi
-
Tidak boleh menggunakan karakter-karakter
~ ! @ #
$ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . / | -
Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
B. Tipe Data
Berikut ini tipe data yang ada
dalam C++
Tipe data bilangan bulat (-1, 0, 1):
-
char
-
int (integer)
-
short (short integer) - long
(long integer)
Tipe data bilangan real (0, 1,
½, √2): - float
(real)
-
double (real double)
-
long double
Selain itu terdapat juga tipe data
unsigned
Tipe data bilangan bulat:
-
unsigned char
-
unsigned
int (integer)
-
unsigned short (short integer)
-
unsigned
long (long integer)
Tipe data unsigned mirip
dengan yang bukan unsigned. Bedanya adalah tipe data unsigned tidak mengenal
bilangan negatif (nilainya selalu posisif).
C. Deklarasi Variabel
Variabel yang digunakan dalam program harus dideklarasikan
terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini yaitu mengenalkan variabel ke
program dan menentukan tipe datanya.
Berikut ini contoh
pendeklarasian variabel:
int jumlah;
float harga_satuan,
variabel1;
char saya, kamu;
D. Assignment
Proses assignment adalah proses pemberian nilai kepada suatu
variabel yang telah dideklarasikan.
Berikut adalah contoh
assignment:
Jumlah = 10;
Harga_satuan = 23.456;
Saya = ‘B’;
Kamu = ‘2’;
Berikut ini contoh program
yang menggambarkan deklarasi variabel dan assignment.
#include <iostream.h>
int main ()
{
// Pendeklarasian
variabel:
int a, b = 2;
int hasil;
// Operasi
a = 5; //Assignment
Operator bukan inisialisasi
a = a + 1;
hasil = a - b;
//Output hasil
operasi di atas
cout
<<"Hasil dari operasi variabel adalah :"
<<hasil;
}
contoh berikutnya yang
melibatkan tipe data real dan memformat tampilan presisi.
#include <iostream.h>
#include <iomanip.h>
void main()
{
double real;
real = 182.2182713674821746;
cout << setprecision(12);
cout << "Nilai real = " <<
real;
}
contoh berikutnya yang melibatkan tipe data campuran.
#include
<iostream.h>
void main()
{
int x;
float y; //real
char z;
double w; //real
x = 10;
y = 9.45;
z = 'C';
w = 3.45;
cout<<"Nilai
dari x adalah : "<< x << endl;
cout<<"Nilai
dari y adalah : "<< y << endl;
cout<<"Nilai
dari z adalah : "<< z << endl;
cout<<"Nilai
dari w adalah : "<< w << endl;
}
E. Konstanta
Untuk pendeklarasian konstanta
dalam C++ mirip dengan Pascal. Sintaksnya adalah:
const tipe_data
nama_konstanta = value;
Contoh:
const float phi = 3.141592;
Berikut ini contoh program C++
untuk mencari luas dan keliling lingkaran dengan jari-jari 7.2 ;
#include <conio.h>
#include
<iostream.h>
#include <iomanip.h>
void main()
{
const float phi = 3.141592; float jari_jari, keliling, luas;
jari_jari = 7.2;
luas = phi * jari_jari * jari_jari; keliling = 2 * phi *
jari_jari;
cout <<
setpresicion(5);
cout << “Luas lingkaran
adalah ” << luas << “satuan luas \n”; cout << “Keliling
lingkaran adalah ” << keliling << “satuan panjang \n”;
getch(); }
F. Latihan
TULISKAN KODE UNTUK TAMPILAN DI BAWAH INI PADA BUKU MASING-MASING :
Catatan : untuk dipraktekan pertemuan berikutnya
No comments:
Post a Comment