Thursday, June 30, 2016

Tips Memilih Menu Sahur Supaya Puasa Tetap Lancar

 
Makan sahur itu simpel, gak perlu banyak variasi. Tapi pastikan kamu memperhatikan 5 hal ini, biar puasa tetap lancar


Bulan puasa emang bulan yang istimewa. Selain karena kamu sanggup menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam, rajin ibadah dan beramal, kamu juga jadi lebih rajin bangun pagi karena harus sahur. Kalau nggak sahur, berabe dong.
Eits, tapi apa kamu udah makan sahur dengan menu dan porsi yang tepat? Jangan anggap enteng masalah sahur loh, karena caramu menikmati sahur yang bakal nentuin kamu bisa menjalani puasa dengan lancar atau nggak. Makanya, pola makan sahur harus diperhatikan dengan baik, jangan cuma makan asal kenyang. Yuk simak tips oke milih menu waktu sahur ini, supaya puasamu tetap lancar, tetap semangat, dan nggak bikin bolong.



1

Karena khasiatnya yang apik, kurma cocok jadi makanan pertama yang dimakan saat sahur




infonitas.com
Kurma punya kandungan gula tinggi yang mudah dicerna dan juga kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Karena kombinasi ini, kurma mampu mempertahankan energimu sepanjang hari.
Banyak umat yang menjadikan kurma sebagai makanan pertama yang masuk ke mulut saat sahur, sebelum menyantap makanan yang lain. Ada juga pendapat kalo kurma mampu menjaga energi tetap terjaga sepanjang bulan puasa.


2

Roti gandum atau oatmeal layak juga dipertimbangkan menjadi menu sahur karena karbohidratnya dan menjaga kadar gulanya tetap stabil




via drwox.com
"Waduh telat bangun! Belom masak pula. Omaigaad makan apa ini..."
Gara-gara telat bangun, sahur jadi buru-buru deh, dan kamu nggak bisa nyiapin makanan-makanan bergizi. Bisa sih manasin makanan sisa semalem, tapi ada juga makanan yang malah jadi racun kalo dipanasin ulang.
Oatmeal dan roti gandum adalah jawaban dari masalah ini. Dua makanan ini, selain mengandung karbohidrat, kandungan seratnya juga cukup tinggi. Beda dengan kentang atau nasi, makanan dari gandum ini punya kemampuan untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil selama puasa.
Cuma butuh waktu 3-5 menit, oatmeal udah siap untuk disantap. Sepanjang hari pun kamu nggak bakal ngerasa lemas gara-gara kehabisan energi. Tetap semangat deh beraktivitas selama puasa.


3

Hindari menu makanan yang berlemak atau gorengan karena sulit dicerna tubuh




via berita-nasional-aktual.blogspot.com
Tempe goreng, nugget ayam, kentang goreng. Nyaaam emang enak banget. Praktis pula. Masalahnya, makanan yang dimasak dengan cara digoreng mengandung kadar lemak yang tinggi. Hal ini bikin perut kamu kembung karena terlalu banyak gas, sehingga perutmu jadi cepat kenyang, tapi sebenarnya perutmu kosong.
Kalo udah kayak gitu, berarti porsi makanmu bakal berkurang karena udah terasa kenyang duluan, dan begitu siang, kamu udah lemes duluan. Ketimbang gorengan, mending kamu makan-makanan yang dikukus, karena kandungan gizinya masih tinggi dan rasa asli dari makanan tersebut masih terasa.


4

Jauhi makanan pedas! itu bikin perutmu mulas!




via ahlulbaitnabisaw-health.blogspot.com
Makanan pedas tuh enak banget. Umumnya orang Indonesia doyan yang pedas-pedas. Tapi terlalu pedas juga nggak baik, apalagi kalo dimakan waktu kamu sahur. Walaupun menggugah selera, tapi kalo makan makanan pedas saat perut baru aja beristirahat, bisa-bisa sepanjang hari nanti kamu malah diare dan mules-mules. Kasian nanti dinding lambungmu, bisa infeksi loh. Makanya, makanan pedas juga nggak disarankan buat menu buka puasa juga.


5

Penting untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk tubuh seperti buah dan sayuran


via infokuliner.com

Makanan pelengkap seperti buah dan sayuran juga penting loh karena kebaikannya untuk tubuh kamu. Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat dan juga banyak mengandung vitamin, mineral dan fitokimia yang penting untuk kesehatan. Selain itu, mengkonsumsi buah dan sayuran juga bikin rasa kenyang tetap tertahan. Buncis, kacang panjang dan kacang polong cocok banget buat jadi menu sahur. Untuk buah, kamu bisa konsumsi pisang, pepaya, apel, atau stroberi.




source

No comments:

Post a Comment